Inovasi PHBS oleh Kader Posyandu Nangka Desa Liang Sola

  • Mar 14, 2024
  • admin desa Liang Sola

 

Desa Liang Sola Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat Nangka Desa Liang Sola Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat* Kamis 14 Maret 2024 Bertempat di Titik posyandu Nangka Desa Liang Sola mengadakan perlombaan bagi orangtua anak dalam memaksimalkan barang Bekas sederhana untuk cuci tangan . Kegiatan yang bersamaan dengan kegiatan posyandu ini menghadirkan 48 sasaran dan orangtua sasaran yang juga dihadiri petugas Kesehatan dari PKM  Waenakeng. Kegiatan ini berlangsung berkat kolaborasi antara kader posyandu bersama yayasan Wahana Visi Indonesia dan kemitraan Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng. Ketua Kader Posyandu Nangka Robertus Pampung yang menjadi fasilitator kegiatan mengharapkan agar kegiatan ini sebagai bentuk refreshing terhadap perilaku hidup bersih pada masing masing keluarga sasaran posyandu. Karena itu lebih lanjut pria yang memiliki 4 anak ini sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan dimaksud . Perwakilan Yayasan Wahana Visi Indonesia  Santo Petrus begitu dia biasa disapa mengatakan bahwa  

 

Desa Liang Sola sebagai Desa Dampingan mereka sangat mensuport kegiatan dimaksud . Karena itu dukungan mereka untuk kegiatan itu meyiapkan tenda acara kegiatan, menyiapkan hadiah atau souvenir bagi sasaran posyandu dalam bentuk barang seperti minyak goreng dan sabun cuci tangan. Pria lajang asal Tanah Toraja ini mengharapkan agar gerakan PHBS menjadi Gerakan bersama ( kolektif ) semua warga dalam meningkatkan Derajat kesehatan Masyarakat di Desa ini pintanya . Terhadap kegiatan yang ada Kepala Desa Liang Sola Adrianus Harsi melalui WhatsApp messenger kepada media ini menyampaikan rasa terimakasih yang luar biasa bagi kader posyandu dan wahana visi Indonesia serta kemitraan pusat Pastoral Keuskupan Ruteng atas dukungan kegiatan dimaksud. Salut dan Tepuk salut katanya untuk kerja kolaboratif yang membawa perubahan bagi desa yang saya pimpin . Sekaligus menyampaikan permohonan maaf karena tak sempat mengikuti kegiatan dimaksud tambahnya . Ketua PKK Desa Liang Sola Kresensiana Maria Narti yang selalu mengikuti kegiatan posyandu di wilayah desa yang dinahkodai suaminya itu menuturkan  kehadiran peserta pada posyandu ini sangat baik dan kiranya dipertahankan. Karena kehadiran nya 100 persen. Kehadiran petugas kader juga 100 porsen dan peran serta orangtua dalam menghantarkan anak anak sasaran ke posyandu meningkat.

 

Perwakilan PKM Waenakeng yang turut hadir dalam kegiatan itu bidan mecik biasa disapa sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang peris dilakukan bersamaan kegiatan posyandu tetap tentu ini katanya . The best memang liang Sola mengulangi ungkapan nya. Yang jelas kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita dan sasaran tambahnya . Dengan merawat kebiasaan baik ini tentu anak anak kita terhindar dari penyakit diare apalagi musim hujan seperti ini, terhindar dari cacingan yang menyerang anak anak kita, dan dengan demikian tumbuh kembang anak menjadi sehat atau tidak stunting. Bidan lain yang juga turut hadir sebut saja Bidan Tati sangat mengharapkan agar kegiatan ini harus dirawat dan menjadi kegiatan yang biasa dan tetap tentu di rumah tangga masing masing yang diamini peserta kegiatan . Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 WITA itu sampai pada makan siang bersama petugas kader, petugas kesehatan, tokoh masyarakat, PKK dan stakeholder lain bersama mitra kolaboratif ( WVI dan kemitraan puspas).

Sebagai bentuk apresiasi wahana visi Indonesia memberikan reward pada kegiatan dimaksud bagi semua sasaran posyandu dengan minyak goreng 1 liter dan sabun cuci tangan utk semua sasaran , sedangkan yang memenangkan lomba diberikan reward minyak goreng 5 liter dan sabun cuci tangan . 5 yang menjadi juara dalam kegiatan itu menerima reward masing masing minyak goreng 5 liter selain sabun. Mereka yang menerima pun sangat senang dan sumbringah .